Koleksi Batu Permata, Batu Mulia, Jual Harga Murah
+6281391111234
+6281391111234
D64C50C4
Customer service
Menu

( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0
Selesai Belanja

Artikel Batu Agate

Friday, December 25th 2015.

Mengenali Batu Agate:

Batu Agate memiliki rumus kimia SiO2 (silicon dioxide) dan diklasifikasikan ke dalam varietas Cryptocrystalline Quartz, dan lebih spesifiknya sebagai varietas Chalcedony Quartz. Struktur kristal spesimen Cryptocrystalline sangat baik, mereka tidak bisa dilihat bahkan dengan menggunakan bantuan mikroskop. Agate juga sering disebut sebagai “Microcrystalline”; istilah ini hanya digunakan untuk menunjukkan bahwa struktur kristalnya sedikit lebih besar daripada kebanyakan spesies Cryptocrystalline lainnya. Perbedaan antara Microcrystalline dan Cryptocrystalline tidak didefinisikan secara jelas, sehingga tidak akan dianggap salah ketika mendeskripsikan batu akik jenis Agate.

Cryptocrystalline Quartz dibagi menjadi 2 varietas, berserat dan granular. Varietas yang berserat disebut sebagai Chalcedony Quartz. Chalcedony Quartz memiliki berbagai warna dan pola. Batu Agate didefinisikan sebagai varietas “Banded” dari Chalcedony Quartz, sedangkan spesimen yang ringan dan yang warnanya solid hanya disebut sebagai “Chalcedony”. Ada banyak varietas dari Agate, sehingga nama lain Agate menjadi sangat banyak dan sering membingungkan banyak konsumen. Hal ini karena Agate sering disebut menggunakan nama dagang tertentu, misalnya seperti “Banded Agate”, “Carnelian” and “Sardonx”.

Batu Agate bisa memiliki berbagai warna dan pola. Warna-warna batu Agate bisa mencakup hitam, putih, biru, merah, hijau, kuning, oranye, coklat, merah muda, ungu dan abu-abu. Meskipun beberapa warna lebih sering terjadi daripada yang lainnya, hampir semua batu Agate akan berwarna-warni karena adanya pola pitanya yang unik. Secara alami, batu Agate juga bisa memiliki satu warna saja, tetapi sebagian besar batu Agate satu warna yang ada saat ini telah menggunakan treatment Dyed (menambahkan bahan pewarna ke dalam pori-pori atau retakan-retakannya untuk mengubah atau memperkuat warnanya) untuk mendapatkan satu warna saja. Batu Agate berwarna tunggal ini sering diperdagangkan menggunakan nama dagang tertentu, seperti batu Carnelian Agate dan Sard.

Cryptocrystalline Quartz biasanya dibedakan dengan Macrocrystalline Quartz melalui Clarity atau tingkat kejelasan dan kemilaunya; tingkat kejelasan Cryptocrystalline Quartz biasanya berkisar antara Translucent (tembus cahaya tapi tidak transparan) sampai buram atau Opaque (tidak tembus cahaya) dan kemilaunya lebih sering seperti lilin atau membosankan seperti batu Agate dan batu Bacan (Chrysocolla). Di sisi lain, Macrocrystalline Quartz biasanya Transparent (tembus cahaya tanpa difusi berlebihan atau mungkin memiliki rutile berwarna hitam atau cokelat kemerah-merahan atau inklusi lainnya) sampai Translucent (tembus cahaya tapi tidak transparan) dengan kemilau seperti kaca seperti batu Kecubung (Amethyst), Citrine dan Rose Quartz.

Batu Agate biasanya tidak melalui proses treatment apapun, tapi juga mudah di-treatment Dyed (menambahkan bahan pewarna ke dalam pori-pori atau retakan-retakannya untuk mengubah atau memperkuat warnanya) karena cukup berpori. Harga batu Agate sangat terjangkau baik yang melalui proses treatment ataupun yang tidak. Sangatlah sulit memeriksa batu Agate yang telah melalui proses treatment Dyed tanpa harus “merusak” batu. Kebanyakan laboratorium batu permata kekurangan peralatan untuk mengujinya. Oleh karena itu, setiap penjual batu permata harus selalu jujur mengungkapkan treatment yang telah dilakukan pada batu permata yang dijualnya kepada konsumen.

Ada banyak nama dagang yang digunakan untuk batu Agate. Sebagian besarnya didasarkan pada sifat optiknya, tetapi beberapa varietas diklasifikasikan berdasarkan komposisi internal atau eksternal, atau inklusi benda atau mineral lainnya. Kebanyakan nama dagang hanya mengacu pada asal-usul atau ciri lokalitas. Nama dagang berbasis lokalitas ini biasanya hanya digunakan oleh penjual dan kolektor batu permata. Ada beberapa nama dagang yang sangat umum digunakan seperti Fire Agate, Agate Geode, Carnelian dan Onyx. Dan sering juga, satu spesimen batu Agate menggunakan dua atau lebih nama dagang yang berbeda.

Berikut ini adalah beberapa jenis batu Agate dan nama dagang yang umum digunakan:

Yang populer: batu Banded Agate, Carnelian, Sard, Sardonyx, Onyx, Chrysocolla, Eye Agate, Dendritic Agate, Fire Agate, Agate Geode, batu Moss Agate, dan Brecciated Agate.
    Yang kurang begitu dikenal: Tree Agate, Agate Jasper, Botswana Agate, batu Blue Lace Agate, Fossil Agate, Iris Agate, Laguna Agate, Landscape Agate, Scenic Agate, Tube Agate, Snakeskin Agate, Sweetwater Agate, Mohave Blue Agate, Thunderegg Agate, Fairburn Agate, Dryhead Agate, dan Lake Superior Agate.
Daerah Penghasil Batu Agate:

Batu Agate yang ada di pasar saat ini, berasal dari deposit di seluruh dunia seperti Myanmar, Brazil, Uruguay, Argentina, Mexico, Botswana, India, Australia dan United States., Indonesia banyak ditemukan batu jenis agate ini.
Manfaat Sebagai Perhiasan:

Ada beberapa keuntungan membeli batu permata jika dibandingkan dengan yang sudah dipasangkan dengan perhiasan. Ketika batu permata telah diset dengan perhiasan, maka akan sangat sulit untuk mengetahui kualitas yang sebenarnya dari batu permata tersebut. Pengaturan perhiasan sering kali menyembunyikan atau mengaburkan kecacatan pada batu permata dan Anda bisa tertipu akan kualitas yang sebenarnya pada batu tersebut. Anda juga akan memiliki lebih banyak variasi dan pilihan ketika Anda membeli batu permata daripada yang sudah berbentuk perhiasan. Dan yang paling penting, uang yang dikeluarkan pun lebih sedikit dibandingkan jika Anda membeli perhiasan yang sudah jadi.

Batu jenis Agate sangat ideal untuk hampir semua aplikasi desain perhiasan. Batu ini bisa dipakai sebagai liontin, kalung, atau sebagai cincin sehari-hari. Batu Agate lebih keras daripada kebanyakan material lainnya, sehingga sangat tahan lama dan awet. Batu Agate adalah favorit di kalangan pria atapun wanita karena banyaknya ukuran dan bentuk yang tersedia.

Sekilas Tentang Batu Agate.

Jenis batu akik di indonesia berasal dari kata Agate, mulanya pelafalan kata agate sedikit sulit diucapkan dan bergeser menjadi kata “akik” sehingga dari waktu ke waktu, agate menjadi akik dan setelah sekian lama akik seakan menjadi variatas sendiri dalam kelas batu mulia.
Batu Agate pertama kali ditemukan sekitar abad ke-3 atau 4 sebelum Masehi oleh Theophrastus, seorang filsuf Yunani yang memberi nama batu dengan nama sungai di mana ia menemukannya, “Achates” (Yunani: Aχάτης). Sungai Achates terletak di Sicily, Italy, namun nama sungai tersebut telah diubah dan sekarang dikenal sebagai Sungai Dirillo.

Batu akik Agate biasanya ditemukan bersama dengan jenis batuan lainnya, tetapi lebih diklasifikasikan sebagai batuan vulkanik. Batu Agate sering terbentuk di dalam kantong beku (yang telah dipadatkan oleh lava atau magma), sedimen dan batuan metamorf seperti Granite, Melaphyre dan Porphyry. Deposit silikon dioksida biasanya berbentuk oval atau bola kecil dan ketika deposit terus berproses selama periode waktu yang panjang, band atau pita paralel mulai terbentuk. Spesimen “Banded” disebut sebagai Agate, sementara spesies lainnya diklasifikasikan sebagai Chalcedony, Carnelian, batu akik Moss Agate atau nama dagang tertentu lainnya.

Batu mulia Agate termasuk ke dalam golongan mineral Quartz (silikon dioksida). Quartz atau batu Kuarsa adalah mineral kedua yang terbanyak ditemukan di kerak benua, setelah mineral dari kelompok Feldspar. Quartz dibedakan dan dipisahkan menjadi dua cabang utama, yaitu: Macrocrystalline Quartz dan Cryptocrystalline Quartz.

Produk terbaru

Rp 900.000
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeWP1182
Nama BarangJual Batu Ruby Pigeon Blood
Harga Rp 900.000
Lihat Detail
Rp 2.200.000
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeWP1181
Nama BarangJual Natural Ruby Merah Delima
Harga Rp 2.200.000
Lihat Detail
Rp 1.400.000
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeWP1180
Nama BarangJual Batu Permata Ruby Merah Delima
Harga Rp 1.400.000
Lihat Detail
Rp 550.000
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeWP1179
Nama BarangAkik Gambar Pocong
Harga Rp 550.000
Lihat Detail
Rp 700.000
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeWP1178
Nama BarangJual Batu Kecubung Ungu
Harga Rp 700.000
Lihat Detail
Rp 450.000
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeWP1177
Nama BarangBatu Akik Bertuah
Harga Rp 450.000
Lihat Detail
Rp 350.000
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeWP1176
Nama BarangBatu Akik Red Baron
Harga Rp 350.000
Lihat Detail
Rp 650.000
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeWP1175
Nama BarangBatu Antik Bertuah
Harga Rp 650.000
Lihat Detail