Koleksi Batu Permata, Batu Mulia, Jual Harga Murah
+6281391111234
+6281391111234
D64C50C4
Customer service
Menu

( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0
Selesai Belanja

Batu Permata Boulder opal

Saturday, January 2nd 2016.

Sejarah Batu Permata Boulder opal

Batu Boulder Opal adalah salah satu varietas Opal yang paling berharga kedua setelah Black Opal Australia. Spesimen Boulder Opal bisa menunjukkan semua warna spektral melalui permainan warnanya yang unik. Boulder Opal mungkin dianggap kurang berharga daripada Black Opal, tapi sebenarnya lebih langka. Boulder Opal hanya didapatkan sekitar 2% saja dari deposit semua Opal di Australia, sedangkan Black Opal sekitar 8%. Sisanya 90% adalah Common Opal, sering disebut sebagai “Potch” atau “White Opal”. Australia memproduksi lebih dari 95% dari seluruh pasokan dunia untuk batu permata Opal, jelas menjadikannya sebagai pemasok Opal terbesar di dunia. Boulder Opal pertama kali ditemukan di Quilpe, Australia Barat, sekitar tahun 1870. Hampir semua batu Boulder Opal yang ada saat ini adalah berasal dari Western Queensland, Australia, area yang kaya akan Opal dengan luas sekitar 200 sampai 300 kilometer persegi.

Boulder Opal ditemukan tertanam pada batu-batu besar (Boulder) Ironstone, dari situlah namanya berasal. Terbentuk sebagai batu kerikil, Opal berkembang di dalam vena, celah, dan cekungan tipis. Ketika penambang Opal mencoba untuk melepas Opal dari Ironstone, beberapa batu matriks host-nya (Ironstone) turut disertakan. Karena hal ini, batu Boulder Opal kadang-kadang disebut sebagai “Opal in Matrix”. Matrix Ironstone meningkatkan daya tahan dan warna batu, sering kali juga bisa meningkatkan efek permainan warna dan “Opalescence”, yang merupakan dua phenomenona optik yang berbeda, tapi sering keliru tafsirkan. Batu Boulder Opal mirip dengan Opal Doublet yang dilapis melalui proses treatment, tapi bukannya dilapis secara artifisial, lapisan pada batu Boulder Opal adalah kejadian alami.

Dibandingkan dengan varietas Opal lainnya, batu Boulder Opal memiliki densitas yang lebih tinggi karena matriks Ironstone-nya. Akibatnya, batu Boulder Opal berukuran lebih kecil dibandingkan dengan Common Opal pada berat yang sama. Sebagai bukti bahwa batu Boulder Opal memiliki namadan popularitas dalam perdagangan permata, batu ini adalah salah satu birthstone atau batu kelahiran resmi untuk bulan Oktober, bersanding dengan varietas Opal lainnya.
Cara  Mengenali Batu Boulder Opal:

Boulder Opal mudah dibedakan melalui warna coklat solid Ironstone matriks-nya. Ironstone sangat gelap dan meningkatkan permainan warnanya, seperti Potch yang ada di belakang batu Black Opal. Lapisan tipis Opal pada Boulder Opal mudah diidentifikasi melalui struktur kristal amorf dan fitur optiknya.

Tidak seperti jenis permata lainnya yang juga memiliki permainan warna atau efek warna-warni, Opal juga menunjukkan “Opalescence”. Opalescence disebabkan oleh pantulan cahaya, dan biasanya muncul dalam warna putih susu kebiruan. Batu warna-warni lainnya tidak memiliki efek warna seperti mutiara kebiruan ini. Batu warna-warni lainnya hanya memiliki warna yang tiba-tiba muncul, hilang, dan kemudian muncul kembali, tergantung pada sudut pengamatannya. Hanya dengan melihat fenomena warna Opal saja biasanya sudah bisa membantu membedakannya dari batu permata mirip lainnya, seperti fosil organik Ammolite, Labradorite, dan mungkin Fire Agate.

Boulder Opal bisa menunjukkan berbagai warna karena efek permainan warnanya. Bisa menunjukkan semua warna spektrum, tapi warna biru, hijau, kuning, dan oranye adalah yang paling umum. Yang memiliki efek Opalescence biasanya berwarna putih susu, biru keputihan, tapi juga bisa warna lainnya. Batu Boulder Opal berkualitas tinggi adalah yang bisa menunjukkan semua warna pelangi pada satu spesimen tunggal. Warna utama tubuh batu Boulder Opal biasanya coklat kusam, abu-abu, atau hitam.

Batu Boulder Opal adalah batu permata buram tidak tembus cahaya karena kandungan Ironstone-nya. Strip tipis Opal-nya bisa Translucent (tembus cahaya tapi tidak transparan), atau transparan. Sisa-sisa Ironstone sering kali bisa dilihat melalui permukaan Opal, yang mempengaruhi kejelasannya dan menjadikan tampilannya berbintik, sehingga batu yang bercak atau bintiknya tidak terlihat adalah yang paling diinginkan. Lapisan atas batu Boulder Opal memiliki kemilau seperti berlilin atau resin, dan sering digambarkan sebagai “Plasticky” atau berkilau seperti plastik.

Boulder opal kebanyakan ditemukan dalam bentuk bebas dan lembaran yang memaksimalkan dan menjaga kadar strip Opal-nya. Batu ini paling sering dipotong berkubah rendah, atau cabochon datar, tetapi bentuk akhirnya benar-benar tergantung pada tebal-tipisnya warna bar Opal. Jika warna bar Opal tipis, maka akan dipotong datar atau dengan kubah yang rendah.

Boulder Opal biasanya tidak melalui proses treatment apapun untuk meningkatkan kualitanya. Batu ini tetap dibiarkan secara alami berlapis dengan batu matriksnya. Boulder Opal sering disebut sebagai “Natural Opal Doublet”, karena kemiripannya dengan Opal Doublet. Hanya saja Opal Doublet melalui treatment pelapisan atau Assembled, sedangkan lapisan Boulder Opal terjadi secara alami.
Daerah penghasil Batu Boulder Opal:

Australia adalah satu-satunya sumber di dunia untuk batu Boulder Opal dan juga merupakan pemasok varietas batu Opal lainnya nomor satu di dunia. Slovakia pernah menjadi nomor satu penghasil Opal, tapi tambangnya telah lama habis. Jenis Opal lainnya masih bisa ditemukan di berbagai lokasi di dunia, tapi Boulder Opal hanya ada di Australia, tepatnya di Western Queensland.
Penggunaannya Sebagai Perhiasan:

Opal adalah salah satu jenis permata lunak dan dianggap cukup halus dibandingkan dengan kebanyakan permata lainnya. Namun, karena komposisi Ironstone-nya, batu Boulder Opal jauh lebih tahan lama dibandingkan jenis Opal lainnya, sehingga jauh lebih cocok digunakan untuk perhiasan.

Penggunaan terbaik Boulder Opal dalam perhiasan adalah desain yang sifatnya bisa melindungi terhadap pukulan keras, seperti anting-anting atau bros. Boulder Opal paling baik digunakan untuk liontin karena banyaknya ketersediaan dalam bentuk bebas yang tidak biasa dan menarik. Sangat jarang menemukan Boulder Opal digunakan pada gelang atau cincin, karena batu-batu Boulder Opal bentuknya sangat datar dengan kubah yang sangat rendah, sehingga bentuknya kurang ideal untuk gelang atau cincin. Semua jenis Opal pada umumnya tidak ideal digunakan untuk perhiasan sehari-hari, tapi untuk sesekali pakai saja, batu Boulder Opal bisa menjadi perhiasan fashion yang istimewa dan berkelas.
Perawatan Batu Boulder Opal:

Batu Boulder Opal sangatlah rapuh. Jika perhiasan Boulder Opal tidak dirawat dengan benar, lapisan berharga Opal-nya bisa retak dan memudar. Semua jenis Opal cukup lunak dibandingkan dengan batu permata lainnya, membuatnya sangat rentan terhadap goresan dan menyebabkan menurunnya kualitas polesan. Meskipun Boulder Opal sedikit lebih tahan lama dibandingkan jenis Opal lainnya, batu ini masih memerlukan perawatan yang tepat.

Jika memungkinkan, simpan permata Boulder Opal pada suhu kamar, terutama jika Anda tinggal di iklim yang kering. Ketika menyimpan batu permata Opal untuk waktu yang lama, letakkan batu tersebut di dalam kantong plastik yang tertutup rapat bersama dengan tisu atau kain basah. Tindakan ini akan mencegah Boulder Opal (dan semua jenis Opal) Anda dari dehidrasi atau kekurangan air hingga menyebabkan retak rusak. Boulder Opal sangat sensitif terhadap fluktuasi suhu yang mendadak, jadi cobalah untuk menjaga batu Boulder Opal tetap dalam lingkungan yang stabil.

Perhiasan permata Opal harus dibersihkan secara teratur. Anda bisa menggunakan sabun ringan, air hangat, dan kain yang lembut untuk membersihkannya. Karena Opal cukup berpori, hindari penggunaan pemutih, bahan kimia, kosmetik atau pembersih rumah tangga saat memakai perhiasan Opal. Jangan menggunakan pembersih ultrasonik atau pembersih uap (Steam Cleaner). Selalu lepas perhiasan sebelum terlibat dalam aktivitas fisik yang berat, seperti olahraga, atau ketika melakukan pekerjaan rumah tangga.

Kerusakan pada batu Boulder Opal hampir mustahil untuk diperbaiki, sehingga dalam banyak kasus, lebih baik menggantinya dengan yang baru daripada mencoba untuk memperbaikinya. Namun, banyak juga Opal yang bisa diperbaiki dengan cara meresapinya dengan polimer, lilin, atau resin, tapi ini bukanlah metode resmi yang diakui dan diperbolehkan untuk memperbaiki batu permata Opal.

Produk terbaru

Rp 900.000
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeWP1182
Nama BarangJual Batu Ruby Pigeon Blood
Harga Rp 900.000
Lihat Detail
Rp 2.200.000
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeWP1181
Nama BarangJual Natural Ruby Merah Delima
Harga Rp 2.200.000
Lihat Detail
Rp 1.400.000
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeWP1180
Nama BarangJual Batu Permata Ruby Merah Delima
Harga Rp 1.400.000
Lihat Detail
Rp 550.000
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeWP1179
Nama BarangAkik Gambar Pocong
Harga Rp 550.000
Lihat Detail
Rp 700.000
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeWP1178
Nama BarangJual Batu Kecubung Ungu
Harga Rp 700.000
Lihat Detail
Rp 450.000
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeWP1177
Nama BarangBatu Akik Bertuah
Harga Rp 450.000
Lihat Detail
Rp 350.000
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeWP1176
Nama BarangBatu Akik Red Baron
Harga Rp 350.000
Lihat Detail
Rp 650.000
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeWP1175
Nama BarangBatu Antik Bertuah
Harga Rp 650.000
Lihat Detail